Makanan Khas Pasuruan – Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Kota Pasuruan. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Wisata Malang ini juga memiliki paket wisata lengkap.

Mulai dari wisata alam seperti gunung dan pantai, juga wisata sejarahnya. Beberapa yang terkenal adalah Pegunungan Tengger, Gunung Arjuno, hingga wisata Tretes. Tak ayal jika para wisatawan banyak berkunjung ke Pasuruan.

Bagi kamu yang mengunjungi Pasuruan untuk berwisata, selain menyiapkan daftar tempat yang akan dikunjungi jangan lupa untuk mendaftar makanan khasnya juga ya.

Tak kalah dengan makanan khas daerah lain yang sudah banyak dikenal, Pasuruan juga memiliki aneka makanan khas yang sungguh nikmat. Nah bagi kamu para traveler, berikut beberapa daftar makanan Khas Pasuruan:

1. Lontong Kupang Kraton

makanan khas pasuruan - lontong kupang kraton
Instagram @pejalan_lokal

Lontong Kupang Kraton merupakan makanan khas Pasuruan yang berbahan dasar kupang. Kupang sendiri adalah hewan laut kecil yang hampir mirip dengan kerang. Namun kupang memiliki ukuran yang lebih kecil dari kerang

Selain mencari ikan, nelayan di Pasuruan juga banyak yang mencari kupang, sehingga kupang banyak dijadikan konsumsi pribadi bahkan diproduksi.

Lontong kupang kraton memiliki dominasi rasa gurih manis, namun untuk kamu yang menyukai cita rasa pedas dapat ditambahkan sambal lho.

Makanan ini biasa disajikan dengan lontong, nah untuk kamu akan lebih enak jika mencobanya dengan sate kerang dan taburan bawang goreng di atasnya.

Kamu yang ingin mencicipi lontong kupang kraton ini dapat mengunjungi pasar kraton. Biasanya disajikan dari pagi hingga malam. Oya lontong kupang ini dinamakan kraton karena banyak dijajakan di sekitaran pasar kraton.

2. Rawon Sate Komoh

makanan khas pasuruan - rawon sate komoh
Wartabromo[dot]com
Siapa sih yang tak mengenal rawon? Kuliner berkuah hitam yang memiliki rasa nikmat ini tentu saja sudah banyak dikenal, apalagi untuk kamu yang tinggal di Jawa Timur.

Warna hitam yang ada pada rawon berasal dari rempah bernama kluwak. Dalam sajian rawon biasanya dilengkapi dengan daging sapi, daun mlinjo atau banyak yang menyebut ­dong so. Ada juga taburan tauge kecil mentah dan bawang goreng.

Namun ada yang berbeda denga rawon khas Pasuruan ini. Ya rawon disajikan dengan sate komoh. Masih asing mendengar sebutan komoh?

Sate komoh sendiri adalah sate yang disajikan tanpa bumbu kacang. Ukurannya relatif besar dibanding dengan sate pada umumnya. Tak perlu khawatir daging alot karena ukurannya yang besar, dangingnya dijamin empuk.

Untuk kamu yang penasaran rasanya, pastinya gurih meski disajikan tanpa bumbu kacang. Karena sate ini sebelum dibakar telah direbus dan dibumbui dengan rempah-rempah pilihan.

Sudah ngiler belum? Selamat mencobanya.

3. Nasi Punel Bungil

makanan khas pasuruan - Nasi Punel Bungil
Diditds[dot]wordpress[dot]com
Makanan Khas Pasuruan lainnya adalah nasi punel, nasi yang memiliki tekstur lengket dan memiliki rasa yeng lebih manis ini banyak dicari para wisatawan yang berkunjung.

Nasi ini dibuat dari beras yang memang ditanam khusus oleh petani. Lama penanaman juga berbeda dari biasanya, biasanya ditanam di daerah Pandaan, Pasuruan.

Untuk memasaknya pun, masih menggunakan cara tradisional, yaitu menggunakan tungku dan kayu bakar. Dipercaya pengolahan dengan cara ini akan mempertahankan cita rasanya.

Nasi punel biasa disajikan dengan berbagai lauk, yang paling khas adalah sambel kacang panjang mentah. Selain itu juga ada botok, sayur, tahu bumbu, dan tak lupa taburan serundeng diatasnya.

Selain itu juga disediakan banyak lauk juga loh, seperti empal atau paru goreng, juga sate kerang. Untuk menjumpai pedagang nasi punel ini tak susah kok, banyak yang menjajakannya.

Harga seporsi nasi punel ditambah lauk dan minum sekitar 25 ribu rupiah. Masih ramah kantong kan?

4. Bothok Kupang

makanan khas pasuruan - botok kupang
Tantioesmanadi[dot]wordpress[dot]com
Kupang selain diolah menjadi lontong kupang juga dapat dimasak dalam bentuk yang lainnya juga loh. Seperti salah satunya adalah bothok kupang.

Bothok memang sudah tak asing bagi kita, olahan dari parutan kelapa yang dibungkus dengan daun pisang lelu dikukus. Namun yang membuat berbeda adalah bahan utamanya yaitu kupang.

Di daerah lain isian yang digunakan biasanya adalah jamur, udang, mauoun tempe. Namun di pasuruan ini menggunakan kupang, karena selain enak juga merupakan hasil nelayan yang melimpah.

Rasanya sudah pasti gurih pedas ya. Disajikan menggunakan nasi hangat saja sudah cukup nikmat. Bagaimana kamu ingin menikmatinya?

5. Ikan Lempuk Crispy

makanan khas pasuruan_ikan lempuk

Kecil-kecil namun penuh gizi, itulah ikan lempuk. Ikan air tawar asli Pasuruan ini memiliki ukuran terbilang kecil, yakni 2-3 cm saja. Ikan lempuk  banyak dibudidayakan di Waduk Grati Pasuruan.

Warga sekitar biasa mengolah ikan lempuk ini menjadi berbagai masakan, diantaranya pepes ikan lempuk, balado ikan lempuk hingga ikan lempuk crispy.

Olahan ikan kecil kaya gizi ini sudah terkenal sebagai makanan khas Pasuruan dan banyak diburu wisatawan. Misal pepes lempuk biasa disajikan di warung-warung makan sebagai pendamping atau lauk nasi.

Untuk lempuk crispy biasanya digunakan sebagai camilan ringan atau lauk pengganti kerupuk. Nah untuk kamu yang bingung mencari oleh-oleh khas Pasuruan, lempuk crispy ini bisa kamu jadikan referensi.

6. Lontong Balap Bumbu Kuning

makanan khas pasuruan - lontong balap bumbu kuning
Idntimes[dot]com
Lontong balap memanglah sudah tak asing di telinga kita, apalagi untuk kamu yang sering berkunjung ke Surabaya. Lontong balap banyak dijajakan bahkan menjadi salah sat makanan khas Surabaya.

Namun untuk lontong balap bumbu kuning inilah yang membedakan dengan biasanya. Rasa nya juga berbeda, dengan penambahan rempah juga kunyitlah yang membedakan rasanya.

Isian dari lontong balap bumbu kuning tentu saja lontong, tauge rebus, serta kuah kuning petis. Biasanya diatasnya ditaburi bawang goreng serta irisan seledri.

Nah sebagai pendamping makannya, biasanya disediakan gorengan seperti lentho, sate kerang juga kerupuk. Nah selamat mencicipi dan menemukan perbedaan dari lontong balap pada umumnya yah.

7. Kepiting Cak Gundul

makanan khas pasuruan_kepiting cak gundul

Salah satu masakan legendaris adalah kepiting Cak Gundul. Warung makan yang sudah ada sejak tahun 90-an ini berada di jalan utama Surabaya-Malang yaitu di Pandaan.

Untuk kamu yang berwisata di Pasuruan atau hendak menuju ke Malah bisa mencicipi kelezatan masakan ini. Sebenarnya banyak olahan laut lainnya eseperti udang, lobster,cumi, namun yang menjadi favorit adalah kepiting.

Kepiting yang disajikan menggunakan bumbu khas yang terkenal lezatnya. Saat menyantap kepiting ini bisa didampingi masakan lain seperti sayur, ca kangkung atau yang lainnya.

Harga  yang ditawarkan memanglah sedikit mahal tapi sesuai dengan nikmatnya sajian yang dihidangkan kok, jadi jangan ragu untuk mampir ya.

8. Cenil Pasuruan

makanan khas pasuruan_cenil
Yudhonowitanto[dot]wordpress[dot]com
Setelah membahas makanan berat, gantian membahan jajanan ya. Cenil Pasuruan adalah jajanan pasar berbahan dasar tepung tapioka yang akan membawa kita pada kenangan jajanan masa kecil.

Cenil biasanya memiliki warna yang mencolok, seperti merah, kuning ataupun hijau. Untuk bentuknya juga beragam, ada yang dibuat bulat, kotak, ataupun memanjang.

Cenil banyak dijajakan di pasar tradisional, namun biasanya penjual jajan ini tak hanya menjual cenil saja, melainkan dengan pelengkap seperti lupis dan klepon.

Setelahnya jajanan ini ditaburi parutan kelapa dan gula pasir. Sampai kini, jajanan pasar ini masih konsisten dibungkus menggunakan daun pisang loh.

Kamu para traveler, di atas merupakan beberapa makanan khas Pasuruan yang bisa kamu cicipi dan masukkan ke dalam list kamu. Jangan sampe ada yang terlewat ya, dijamin semuanya pasti enak.

Give a Comment