Sudah bukan rahasia lagi jika tanah Melayu adalah sebuah tempat yang kaya akan kuliner enak dan lezat. Makanan khas Melayu memang banyak dipengaruhi oleh kebudayaan yang berkembang di dalamnya.

Oleh karena itu, olahan khas Melayu biasanya memiliki citarasa khas yang berasal dari bumbu rempah dengan kualitas terbaik.

Saat Kamu berencana akan berkunjung ke tanah Melayu, maka hal wajib yang harus Kamu lakukan adalah mencicipi setiap kuliner yang terkenal disana. Namun, sebelum itu ada baiknya Kamu menyimak ulasan mengenai panganan khas Melayu yang bercita rasa tinggi berikut.

Makanan dan Minuman Melayu yang Harus Dicoba

Gulai Ikan Patin Melayu

Makanan Khas Melayu Gulai Ikan Patin Melayu

Menu makanan satu ini memang cukup terkenal karena rasa ikannya yang lezat. Jika Kamu ingin mencobanya maka Kamu bisa mencarinya di daerah Pekanbaru. Karena tidak sedikit restoran dan kedai makan disana yang menyediakan menu makanan ini.

Gulai patin satu ini juga disertai dengan kuah kuning yang pekat. Dengan kuah inilah potongan ikan patin akan direndam. Kamu bisa menyantapnya secara langsung maupun disajikan bersama dengan nasi hangat dan juga lauk pelengkap lainnya.

Lauk pelengkap yang biasa disajikan berupa pucuk daun ubi rebus. Tentunya dengan lauk tambahan ini akan semakin membuat citarasa yang dihasilkan lebih sempurna.

Nasi Lemak Khas Melayu

Makanan Khas Melayu Nasi Lemak Khas Melayu

Tidak hanya di tanah Melayu, nasi lemak juga bisa ditemukan di beberapa tempat lainnya bahkan negara. Contohnya seperti negara tetangga Malaysia, Brunei Darussalam dan bahkan Singapura.

Makanan nasi lemak memang biasanya dapat ditemukan di daerah-daerah yang mana daerah tersebut terdapat suku Melayu di dalamnya.

Makanan khas Melayu ini biasanya disajikan bersama dengan lauk pendamping seperti tahu, tempe, kacang tanah dan bahkan cumi-cumi.

Sebenarnya Kamu bisa menyesuaikan lauk apa yang ingin Kamu santap bersama nasi lemak sesuai dengan selera masing-masing.

Nasi lemak sangat tepat disantap sebagai menu sarapan, karena memang kandungan karbohidratnya baik untuk pemulihan tenaga. Nasi ini dimasak bersama dengan santan dan dilengkapi dengan daun pandan sehingga menghasilkan hidangan yang gurih beraroma harum.

Bolu Kemojo

Makanan Khas Melayu Bolu Kemojo

Kue bolu yang tampilannya cantik dan memiliki rasa yang enak ini dinamakan dengan bolu kemojo. Makanan ini berasal dari daerah Pekanbaru dan menjadi salah satu panganan khas Melayu yang harus Kamu coba.

Dulu, bolu kemojo hanya bisa dikonsumsi oleh masyarakat suku Melayu saja.

Tetapi lama kelamaan kue bolu kemojo justru banyak dijual belikan di toko-toko dan bahkan dijadikan sebagai oleh-oleh. Sehingga kini semua orang juga boleh menikmati enaknya bolu ini.

Apabila Kamu ingin membuatnya sendiri dirumah, bisa juga loh dengan menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • Tepung terigu
  • Gula pasir
  • Margarine
  • Vanila bubuk
  • Santan kelapa
  • Telur ayam
  • Air perasan daun suji
  • Garam halus.

Semua bahan-bahan tersebut bisa dengan mudah Kamu dapatkan di warung-warung kelontong terdekat. Setelah semua bahannya siap kini tinggal membuatnya dengan langkah-langkah berikut:

  • Semua bahan yang telah disiapkan dicampurkan menjadi satu, lalu aduk hingga semua tercampur merata
  • Siapkan cetakan yang sudah dipanaskan, lalu tuang adonan tersebut kedalam cetakan
  • Masukkan cetakan tersebut kedalam oven atau pemanggang. Kemudian panggang selama kurang lebih 45 hingga 50 menit. Bolu kemojo siap disajikan.

Roti Jala Kari Ayam

Makanan Khas Melayu Roti Jala Kari Ayam

Roti dengan bentuk yang ini adalah salah satu makanan khas Melayu yang terkenal. Sesuai dengan namanya roti ini memiliki bentuk mirip dengan jala yang tipis dan berongga.

Roti ini menjadi salah satu favorit bagi masyarakat setempat karena bentuknya yang unik dan rasanya yang lezat. Asal mula roti ini adalah dari negara India, meskipun banyak penduduk negara Malaysia dan Singapura yang juga menyukai makanan ini.

Namun, di negara India roti jala ini lebih banyak dikenal dengan nama roti prata. Roti ini biasanya disajikan bersama dengan kuah kari ayam yang gurih ditambah dengan acar mentimun dan acar nanas.

Roti jala dan kari ayam pada umumnya disajikan ketika ada hari besar atau upacara tertentu saja. Tetapi bagi Kamu yang tidak sabar untuk mencobanya tidak perlu cemas karena roti ini sudah banyak dijual oleh penduduk Melayu.

Roti Canai

Makanan Khas Melayu Roti Canai

Serupa dengan roti jala, roti canai ini juga berasal dari negara India yang kemudian dibawa oleh perantau di tanah Melayu. Bentuk dari roti canai adalah persegi yang tipis lalu dilipat dan kemudian dipanggang dengan menggunakan minyak.

Beda antara roti jala dan roti canai ini hanya ada pada bentuknya saja. Untuk bumbu dan bahan lain yang digunakan keduanya sangat mirip.

Makanan khas daerah Melayu ini sudah terkenal hingga ke luar negeri termasuk juga Indonesia. Di Indonesia roti ini dinikmati bersama dengan kuah kambing.

Asidah

Makanan Khas Melayu Asidah

Asidah adalah makanan yang berasal dari Arab yang kemudian diolah dengan cara memasak khas penduduk Riau. Maka dari itu, rasa dari asidah Arab dan Asidah penduduk Melayu di Riau pasti berbeda.

Penyajian dari asidah ini pun cukup unik dan menarik, karena setiap orang memiliki model penyajian sendiri-sendiri sesuai dengan selera. Penyajian asidah memang disesuaikan dengan orang yang membuatnya.

Kebanyakan masyarakat Melayu pun menyajikannya dengan berbagai bentuk. Ada yang membuatnya seperti bentuk bunga mawar, bentuk buah jambu, daun dan juga berbentuk bulat.

Kue Bangkit

Makanan Khas Melayu Kue Bangkit

Kue itu spesial. Setiap ulang tahun, setiap perayaan diakhiri dengan sesuatu yang manis, kue dan juga semua orang yang mengingatnya. Sebab kue adalah soal kenangan dan semua persoalannya.

Sama halnya dengan kue bangkit atau ada pula yang menyebutnya dengan kue bangket termasuk sebagai makanan khas Melayu. Kue ini banyak ditemukan di Indonesia dan juga di negeri jiran Malaysia. Kue ini berwarna putih dengan aksen hiasan yang berwarna merah.

Yang membuat kue ini disukai adalah karena teksturnya yang empuk dan juga halus, sehingga ketika dikunyah akan memberikan rasa yang lezat. Cemilan satu ini banyak disukai oleh anak-anak dikarenakan rasanya yang manis.

Kue ini biasanya disajikan pada hari lebaran akan tetapi seiring berkembangnya zaman kue ini pun bisa Kamu nikmati kapan saja. Sebab kini sudah banyak sekali toko yang menjajakan kue jenis ini.

Cencaluk

Makanan Khas Melayu Cencaluk

Cencaluk adalah jenis makanan dengan nama yang cukup unik. Makanan ini terbuat dari hewan laut yakni udang.

Adapun udang yang digunakan untuk membuat pangan satu ini bukanlah udang yang sembarangan. Udang yang biasanya dijadikan sebagai bahan dasar adalah udang geragau.

Sayangnya, jenis udang geragau ini sudah sangat sulit untuk ditemukan, karena memang udang ini hanya bisa ditemukan di waktu tertentu saja. Sebelum kemudian dihidangkan, olahan dari udang ini harus melalui proses memasak yang cukup panjang.

Untuk membuat cencaluk, udang geragau terlebih dahulu harus dihaluskan. Baru setelah itu dicampur dengan rempah-rempah khusus. Tekstur yang dihasilkan makanan ini hampir sama seperti bubur.

Lempok Durian

Makanan Khas Melayu Lempok Durian

 

Pecinta durian pasti sudah tidak sabar kan untuk mencoba panganan satu ini? Lempok durian nama dari makanan khas Melayu yang bisa Kamu temukan di beberapa tempat di indonesia. Tempat-tempat tersebut seperti Samarinda, Palembang dan juga di daerah Riau.

Nikmatnya olahan ini dikarenakan adanya daging durian sebagai bahan pembuatnya. Daging buah durian tersebut kemudian dicampur dengan sedikit gula pasir agar durian bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Terbukti, lempok durian ini mampu bertahan kurang lebih 4 bulan apabila berada di dalam lemari es. Dibalik kelezatan yang istimewa ini, lempok durian dibuat dengan cara yang sederhana dan bisa dibilang mudah.

Cara membuat lempok durian dimulai dari mencampurkan daging durian dengan sedikit gula pasir. Setelah tercampur dengan baik, kemudian campuran tersebut dimasak di atas kuali menggunakan api sedang sampai adonan tidak lengket.

Es Laksamana Mengamuk

Makanan Khas Melayu Es Laksamana Mengamuk

Memang segala macam makanan dan juga minuman khas Melayu sangatlah menggoda. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba adalah es laksamana mengamuk.

Meskipun nama minuman ini kedengaran mengerikan tetapi nyatanya minuman ini sangat menyegarkan.

Es ini dibuat dari berbagai macam buah-buahan seperti mangga, kelapa muda dan ditambah dengan biji selasih. Tentu yang tidak boleh ketinggalan adalah santan dan es batu agar rasanya lebih mantap.

Ditambah lagi yang membuat rasanya semakin menggoda adalah siraman sirup sehingga manisnya lebih terasa. Minuman ini sangat cocok diminum pada siang hari, apalagi jika cuaca dalam keadaan panas.

Es Air Mata Pengantin

Makanan Khas Melayu Es Air Mata Pengantin

Selain makanan khas Melayu yang memiliki nama yang unik, jenis minumannya pun juga mempunyai nama yang cukup menggelikan.

Salah satunya adalah es air mata pengantin ini. Tampilan dari minuman satu ini sangat menggoda dengan warna merah meronanya.

Es air mata pengantin adalah hasil perpaduan antara agar-agar berwarna putih, biji selasih dan juga air putih. Dengan bahan-bahan tersebut membuat tenggorokan ini rasanya semakin ingin mencoba kesegarannya.

Minuman semacam ini tentunya sangat tepat bila diminum pada siang hari selepas beraktivitas di bawah teriknya matahari. Setelah meminumnya, dahaga rasanya hilang seketika tanpa tersisa.

Konde Cik Puan

Makanan Khas Melayu Konde Cik Puan

Bagi Kamu yang belum pernah mendengar nama masakan satu ini pasti akan merasa aneh. Sebab nama konde cik puan rasanya bukanlah seperti nama sebuah makanan melainkan nama sebuah barang yaitu konde (rambut buatan) milik Cik Puan.

Tetapi perlu Kamu ketahui ternyata meskipun memiliki nama yang cukup aneh, hidangan ini mampu membuat penikmatnya terbius dengan citarasa yang di tampilan. Konde cik puan berbahan dasar talas yang sudah dihancurkan dan juga dikukus.

Setelah itu, tas dicampur dengan bumbu dan bahan tambahan lain berupa tepung kanji, garam dan bumbu penyedap. Aduk semua bahan tersebut menjadi sebuah adonan. Tetapi ingat ya mencampurkannya menggunakan tangan bukan mixer atau sendok.

Setelah adonan selesai, kini saatnya memasukannya kedalam mangkuk. Jangan lupa pula untuk menambahkan kacang hijau. Baru setelah itu dimasukkan kedalam panci untuk dikukus hingga matang.

Soto Mak Lung Terkejut

Makanan Khas Melayu Soto Mak Lung Terkejut

Makanan khas Melayu dengan nama aneh berikutnya adalah soto mak lung terkejut. Nama yang cukup aneh ini bukanlah tanpa sebab, karena memang ada arti sendiri dibaliknya.

Soto mak lung terkejut mengandung bumbu rempah yang sangat banyak sehingga akan menimbulkan rasa asam hingga pedas. Itulah alasan mengapa sajian satu ini dinamakan soto mak lung terkejut.

Bahan utama pembuatan hidangan ini adalah daging sapi dengan kualitas tinggi, tauge, soun, kedelai, kentang dan juga emping. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah yang sudah diberi bumbu rempah khas.

Asam Pedas Patin

Makanan Khas Melayu Asam Pedas Patin

Lagi lagi hidangan khas dari Melayu ini menggunakan bahan dasar berupa ikan patin. Masakan satu ini memiliki citarasa yang asam sekaligus manis. Penasaran kan? Berikut cara membuatnya:

  • Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti ikan patin, perasan jeruk nipis, garam, lengkuas, serai, kunyit, jahe, tomat, daun jeruk dan juga air
  • Apabila semua bahan sudah lengkap kemudian campurkan semuanya menjadi satu dan tambahkan pula sedikit minyak goreng
  • Tunggu hingga semua bumbu benar-benar meresap dan asam pedas patin siap untuk disajikan.

Meskipun Kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, tetapi rasa asam pedas patin akan lebih mantap dan tentunya berbeda dari yang ada di tanah Melayu asli.

Maka dari itu, jika sedang bertandang ke daerah sekitar Riau jangan lupa untuk mencoba makanan khas Melayu satu ini.

Gulai Rampai

Makanan Khas Melayu Gulai Rampai

Ciri khas makanan berbumbu rempah yang banyak juga diterapkan pada masakan khas Melayu satu ini. makanan yang dimaksud bernama Gulai Rampai. Makanan ini sangat disarankan untuk dicoba karena akan berefek baik bagi tubuh.

Hal itu disebabkan banyaknya sayuran yang menjadi komponen di dalam gulai rampai. Sayuran-sayuran tersebut seperti terong, kacang panjang, petula, kincung, rimbang serta udang yang sudah dikeringkan.

Semua komponen tersebut dipadukan ke dalam satu wadah atau satu mangkok, lalu disiram dengan kuah gulai. Baru membayangkannya saja sudah terasa enaknya, apalagi kalo mencobanya langsung.

Gulai Tempoyak

Makanan Khas Melayu Gulai Tempoyak

Gulai memang menjadi salah satu makanan terfavorit sendiri bagi masyarakat umum. Tidak terkecuali bagi masyarakat Melayu, mereka juga amat menyukai jenis makanan gulai. Terbukti banyak sekali varian masakan khas yang berbentuk gulai.

Seperti makanan khas Melayu ini yaitu gulai tempoyak. Gulai ini terbuat dari perpaduan antara ikan nila dan juga tempoyak. Bagi Kamu yang mungkin belum mengetahui tempoyak itu apa, tempoyak adalah durian yang sudah difermentasikan.

Bumbu dan cara membuat gulai ini hampir mirip dengan gulai pada umumnya. Perbedaannya hanya pada campuran tempoyak didalamnya. Tentunya dengan tempoyak ini menjadikan sajian menjadi lebih nikmat.

Keripik Patin

Makanan Khas Melayu Keripik Patin

Jajanan yang mudah Kamu temukan di toko-toko makanan atau oleh-oleh ini memang banyak digemari. Nama makanan ini adalah keripik patin, sesuai dengan namanya keripik ini terbuat dari ikan patin.

Dalam pengolahannya, ikan patin ini terlebih dahulu dikeringkan dan digoreng hingga benar-benar garing dan renyah. Keripik ini bisa bertahan hingga waktu yang lama sehingga sangat tepat apabila dijadikan sebagai oleh-oleh.

Keripik patin juga sering disajikan sebagai makanan pelengkap seperti soto, bakso atau makanan lainnya. Tidak hanya itu, keripik ini juga bisa langsung disantap sebagai teman ngeteh atau ngopi.

Gulai Lada Hitam

Makanan Khas Melayu Gulai Lada Hitam

Gulai lada hitam adalah makanan khas Melayu yang juga memiliki citarasa khas dan patut untuk Kamu coba. Layaknya masakan khas Melayu lainnya, masakan ini juga dilengkapi dengan bumbu rempah-rempah dalam jumlah yang banyak.

Yang menjadikan makanan ini berbeda dengan gulai khas Melayu lainnya adalah adanya penambahan lada hitam. Penambahan lada hitam ini bertujuan untuk memunculkan citarasa pedas yang akan terasa hingga menusuk lidah.

Gulai ini banyak digemari oleh para pecinta pedas. Apalagi jika dalam menyantapnya ditemani oleh nasi hangat dan juga kerupuk. Perpaduan yang sempurna dan cocok sekali, sehingga dijamin deh Kamu pasti ingin terus nambah.

Meskipun semua makanan khas Melayu memiliki kemiripan bumbu yang digunakan dalam pengolahannya. Akan tetapi, masing-masing menu memiliki ciri khasnya sendiri sehingga dari kesemuanya memiliki citarasa yang berbeda.

Baik dari makanan beratnya seperti jenis gulai maupun makanan ringan dan minumannya. Maka dari itu, Kamu tetap wajib untuk mencoba semuanya agar mengetahui mana yang sesuai dengan selera dan lidah Kamu.

Jadi, jangan lupa mencicipi makanan Melayu saat kamu bertandang ke salah satu wilayah yang mayoritas penduduknya adalah suku Melayu. Pastinya semua kuliner tersebut akan menggoyang lidah Kamu.

Give a Comment