Menilik beberapa makanan khas Karawang yang terkenal, dapat menggetarkan lidahmu. Salah satunya adalah Dodong Hideung Ketan yang sudah terdaftar UNESCO sebagai makanan khas. Penasaran dengan rasanya?

Tapi tunggu dulu makanan khas Karawang ada banyak sekali macamnya lho. Kota yang terkenal menjadi kota industri ini memiliki makanan khas yang masih mempertahankan resep turun temurun dari nenek moyang.

Kamu yang berada jauh dari Karawang, bisa mencoba mencari daftar makanan khasnya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sini. Karawang ini tak jauh dari Ibukota Jakarta.

Kota Kawarang berbatasan langsung dengan Kota Bekasi dan Bogor, yang tentu saja kalian tahu kota ini masuk wilayah Sunda alias Jawa Barat.

Berikut beberapa daftar makanan khas Karawang yang bisa kamu tambahkan menjadi referensimu:

1. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Makanan Khas Karawang - Ikan Gabus Bumbu Pucung
Urbanbekasi[dot]com
Ikan air tawar ini memanglah sudah banyak dijadikan aneka jenis masakan. Namun tak banyak warga yang membudidayakan, mereka hanya menangkapnya secara liar saja.

Padahal jika di luar negeri seperti Jepang, ikan ini banyak dicari. Nah ngomong-ngomong di Karawang, ikan gabus banyak dimasak dengan bumbu pucung.

Pucung merupakan jenis rempah yang di daerah lain sering disebut dengan sebutan kluwak. Pantas saja sayur yang dihasilkan berwarna hitam hampir sama dengan olahan rawon yang terkenal di Jawa Timur.

Resep masakan ini merupakan resep yang telah ada dan masih digunakan secara turun temurun, jadi rasa yang dihasilkan tak perlu diragukan kelezatannya lagi kan?

Rasa pedas gurih menjadi dominan pada masakan ikan gabus bumbu pucung ini. Masakan ini banyak dijual di warung-warung makan dengan harga yang relatif murah, sekitar 12 ribu rupiah saja per porsinya.

2. Pepes Walahar

Makanan Khas Karawang - Pepes Walahar
travelingyuk[dot]com
Jika kamu berkunjung ke Karawang, wajib nih nyobain aneka pepes walahar. Dinamai Walahar karena memang letaknya di sekitaran Bendungan Walahar.

Terdapat salah satu warung yang sangat terkenal menjajakan aneka pepes enak nan nikmat yaitu warung H. Dirja.

Lokasi nya amatlah mudah dijangkau, hanya berjarak 6,5km dari exit tol Karawang timur. Jika masih bingung mencarinya, lokasi ini dapat dengan mudah dicari di google maps.

Warung pepes ini menyediakan banyak sekali jenis pepes, diantaranya:

1. Pepes Jamur

Biasanya isian pepes berupa lauk atau berbagai jenis ikan, namun ini berbeda yaitu jamur. Bagi kamu yang tak begitu menyukai ikan, pepes jamur ini bisa menjadi alternatif pilihan.

Sudah pasti dilihat dari namanya saja pepes jamur, sudah pasti isiannya yaitu jamur. Jamur dilah dan dibumbui dengan aneka rempah dan sambel racikan yang khas hingga jadilah pepes jamur yang nikmat

Dominan rasa pepes ini pedas, cocok dimakan menggunakan nasi yang masih hangat. Oya untuk kamu yang vegan, menu ini wajib kamu coba ya!

2. Pepes Oncom

Makanan Khas Karawang_Pepes Oncom

Oncom telah lama menjadi makanan khas dari daerah Jawa Barat. Biasanya pengolahan oncom hanya sebatas ditumis saja. Namun di Walahar oncom diolah menjadi pepes yang nikmat tentunya.

Oncom yang digunakan adalah oncom hitam, lalu diolah ditambahkan dengan rempah-rempah daun kemangi dan dibungkus menggunakan daun pisaang.

Pepes dimasak dengan cara dikukus, namun untuk menambah citarasanya setelah matang pepes dibakar. Aroma kenikmatan pepes akan semakin keluar pastinya.

3. Pepes Jantung Pisang

Banyak yang tak mengetahui jika jantung pisang dapat diolah menjadi masakan yang enak. Biasanya jantung pisang ini diolah menjadi sayur bersantan ataupun tumis. Namun kali ini jantung pisang diolah menjadi pepes.

Penasaran dengan getah jantung pisang ini berlebih? Jangan khawatir sebelum dimasak menjadi pepes, jantung pisang telah diolah/direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan getah yang ada.

Setelah itu jantung pisang dibumbui dengan rempah yang berlimpah,dan dibungkus daun pisang lalu dikukus seperti proses pembuatan pepes pada umumnya. Untuk rasanya? Sudah pasti nikmat.

4. Pepes Jambal

Memanglah sudah wajar jika pepes terbuat dari ikan. Biasanya ikan yang digunakan dalam pepes yaitu ikan mas, ikan teri, ikan peda. Nah ini yang digunakan adalah ikan jambal yaitu ikan patin.

Ikan patin merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar, sehinga jika cara pengolahannya tidak benar maka ikan akan terasa seperti tanah. Tapi jangan salah di sini ikan diolah dengan sangat baik.

Wajar saja jika pepes jambal menjadi primadona pepes di Walahar ini. Ikan patin yang diolah memiliki kondisi yang sangat segar karena dipanen langsung dari bendungan Walahar.

3. Soto Tangkar

Makanan Khas Karawang - Soto Tangkar
Resepdanmasakan[dot]com
Soto telah menjadi makanan khas daerah yang umum ada di masyarakat Indonesia. Namun rasa yang disajikan tentu saja berbeda di tiap-tiap daerahnya. Salah satu yang menjadi khas di Karawang adalah soto tangkar.

Soto tangkar memiliki kriteria kuah yang kental dan bersantan, berwarna kuning kemerahan. Sudah pasti rasa yang disuguhkan gutih nikmat ya. Rasa gurih datang dari santan dan rempa-rempah yang digunakan.

Dalam penyajian soto tangkar ini dilengkapi dengan taburan daun bawang, bawang goreng serta tak lupa emping yang menjadi gongnya.

Soto tangkar menggunakan isian daging sapi, dan daging sapi yang disajikan diolah dengan benar sehingga menghasilkan daging empuk dan bumbu yang meresap.

4. Kue Gonjing

Makanan Khas Karawang_Kue Gonjing
Ngidam[dot]id
Temasuk salah satu jajanan tradisional atau bisa juga sebagai oleh-oleh khas Karawang. Kue gonjing memiliki rasa utama gurih. Rasa gurih dihasilkan alami oleh adonan yang menggunakan kelapa asli.

Jika kamu ingin mendapatkan citarasa yang beda, kue gonjing ini bisa disajikan dalam dua varian rasa yaitu manis dan pedas. Kalau kamu ingin rasa manis tinggal menambahkan taburan gula pasir atau gula halus diatasnya.

Nah biasanya untuk citarasa pedas, pedagang menambahkan saus sambal sebagai toppingnya. Namun jangan salah, tetep enak kok meski disajikan dengan rasa pedas. Pilih sajian sesuai seleramu ya.

Bentuk dari kue gonjing ini hampir sama atau bahkan di daerah lain sering disebut kue bandros ataupun kue pancong. Jangan bingung soal nama ya. Dicoba dulu aja biar tahu perbedaan antar ketiganya.

5. Dodong Hideung Ketan

Makanan Khas Karawang_Kue Gonjing
Pasundanekspres[dot]co
Ini dia nih makanan khas Karawang yang menjadi kebanggaan kita bersama. Yap, Dodong Hideung Ketan belum lama ini ditetapkan oleh UNESCO (United Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai makanan khas daerah Indonesia.

Bangga bukan makanan khas daerah kita diakui oleh badan dibawah naungan PBB?

Tapi kamu sudah penah mencobanya belum? Kalau kamu berkunung ke Karawang jangan lupa berburu makanan yang satu ini ya dijamin rasanya nikmat.

Dari namanya saja sudah terlihat dodong hideung ketan berbahan dasar ketan hitam. Rasa yang disajikan manis gurih.

Dalam dodong hideung ketan, ketan hitam diolah sedemikian rupa lalu ditambahkan santan. Nah untuk baru-baru ini ditambahkan varian lain, yaitu penambahan durian. Dengan menambahkan durian pastinya citarasa yang dihadirkan akan semakin nikmat.

Dari makanan gurih, manis, pedas, sudah beberapa masuk di daftar, tinggal kamu yang akan berkunjung ke Karawang untuk membuktikan kenikmatan disetiap makanan yang disajikan.

Keberadaan makanan khas Karawang ini tidak terlalu susah untuk ditemui kok. Sudah banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan kha tersebut. Selamat mencobanya.

Give a Comment