Makanan Khas Ciamis – Membahas makanan khas tentu saja tak akan ada habisnya, apalagi makanan khas Nusantara, dimana tiap daerah pasti memilikinya. Banyak yang memiliki jenis makanan sama namun cita rasa tetap saja berbeda, nah itulah khasnya.

Kali ini membahas makanan khas Ciamis. Siapa sih yang tak tau nama Ciamis, sudah pasti banyak yang tau kan? Salah satu kabupaten yang berada di wilayah Jawa Barat.

Ciamis memiliki wilayah yang sebagian besar adalah dataran tinggi, namun juga daerah pantai yang indah. Memiliki daerah dingin juga pantai membuat Ciamis banyak menjadi tujuan wisata. Tak hanya wisata, daerah Banjarsari Ciamis juga punya makanan khas yang enak-enak loh.

Salah satu yang banyak dikenal adalah galendo. Galendo memanglah sangat melekat dengan nama Ciamis. Tapi jangan salah masih banyak lagi makanan khas yang tak kalah enaknya. Berikut diantaranya:

1. Pindang Gunung Khas Ciamis

Makanan Khas Ciamis_Pindang Gunung
Yofipujiastuti[dot]blogspot[dot]com
Dari namanya saja sudah bisa ditebak bukan jika makanan ini memiliki bahan dasar ikan. Sepintas pindang gunung nampak seperti sop ikan pada umumnya. Namun jangan salah ia memiliki rasa khas yang tiada duanya.

Dalam pindang gunung bisa menggunakan berbagai jenis ikan diantaranya ikan kakap, kakap merah, tongkol, dan carwang. Pengolahan pindang gunung masih menggunakan bumbu-bumbu tradisional yang membuat rasanya tetap lezat dan autentik.

Selain itu yang membuat pindang gunung spesial adalah adanya tambahan kecombrang atau honje di dalamnya. Rasa pindang gunung ini pedas, gurih, asam yang segar. Sangat cocok dinikmati pada siang hari.

Pindang gunung banyak disajikan didaerah pesisir, mungkin dikarenakan bahan baku utama seperti ikan lebih melimpah. Jika kamu ingin menikmati sajian ini banyak warung yang menjajakannya, harga yang ditawarkannya pun terjangkau.

2. Mie Golosor

Makanan Khas Ciamis_Mie Golosor
Instasaver[dot]org
Salah satu yang terkenal dari Ciamis adalah mie golosor. Dinamakan golosor karena memang tekstur mie ini beda dengan mie yang lainnya, lebih licin. Jadi saat makannya pun langsung golosor.

Warna kuning mencolok menjadi ciri khas mie golosor. Penampakan mienya besar seperti spageti.Biasa diolah menjadi mie rebus ataupun goreng tanpa kuah. Untuk rasanya tak usah diragukan sudah pasti enak.

Jika biasanya mie terbuat dari tepung terigu tidak dengan mie golosor, terbuat dari tepung kanji atau aci. Inilah yang membuat teksturnya licin.

Kamu yang mengunjungi Ciamis dan ingin mencicipi mie golosor dapat mengunjungi warung Bakso H Oding yang sangat terkenal. Di warung H Oding mie golosor disajikan bersama bakso, daging cincang serta sayuran. Selamat mencicipi ya.

3. Galendo

Makanan Khas Ciamis_Galendo

Inilah yang menjadi salah satu makanan yang terkenal di Ciamis, galendo. Apa sih galendo itu? Jika kamu menngetahui pengolahan minyak kelapa, nah galendo merupakan bagian hasil dari pengolahan itu.

Galendo berbahan dasar kelapa. Lalu kelapa diambil santannya kemudian diolah. Dalam pengolahannya menghasilkan minyak kelapa dan galendo. Galendo ini adalah endapan yang diperoleh dari ampas olahan minyak kelapa.

Meskipun dibilang ampas, namun rasanya sangatlah enak. Dulunya galendo hanya memiliki rasa gurih dan banyak digunakan sebagai pendamping nasi. Namun kini makin majunya jaman, galendo dibuat dengan berbagai varian rasa.

Dari rasa buah, coklat hingga keju. Dengan rasa yang beraneka macam ini tak hanya digunakan sebagai pendamping nasi saja namun sebagai camilan maupun teman minum teh sangatlah cocok.

Kini galendo telah dikemas secara menarik, sehinga dapat dimanfaatkan sebagai oleh-oleh khas Ciamis.

Untuk mendapatkannya tak susah, banyak toko oleh-oleh yang menjualnya. Kamu yang tak sempat mengunjungi Ciamis, banyak toko online yang menjualnya lho.

4. Colok Gembrung

Makanan Khas Ciamis_Colok Gembrung
Vionews[dot]id
Colok dalam bahasa sunda berarti tusuk, begitupun colok gembrung yakni makanan yang disajikan dengan cara ditusuk seperti sate. Namun bahan utamanya bukan daging sapi ataupun ayam ya, melainkan kulit sapi atau sering disebut kikil

Membayangkan kulit sapi pasti alot kan ya, namun tidak dengan colok gembrung. Sebelumnya kulit sapi atau kikil ini diolah sedemikian rupa dengan bumbu rempah. Setelah dirasa sudah matang barulah ditusuk seperti penyajian sate.

Hal yang membedakan colok gembrung dengan sate yakni bumbunya. Colok gembrung menggunakan bumbu yang khas yang berbahan galendo.

Galendo akan dicampur bumbu lain seperti bawang putih dan lainnya, lalu dilumurkan pada colok gembrung.

Colok gembrung enak disajikan dengan menggunakan lontong ataupun nasi. Biasa dijajakan pada pagi hari dan banyak digunakan sebagai pilihan menu sarapan.

Harga yang tak terlalu mahal, rasa yang enak, serta mudah dicari membuat colok gembrung banyak diminati.

5. Kue Saroja

Makanan Khas Ciamis_Kue Seroja
Kueseroja[dot]blogspot[dot]com
Makanan khas Ciamis yang satu ini bukan termasuk lauk ataupun makanan berat. Kue saroja sangat terkenal sebagai camilan khas sunda. Kue saroja berbentuk seperti bunga memiliki cita rasa manis dan asin.

Bukan manis dan asin dalam satu sajian, namun tersedia varian manis ataupun asin. Kue Saroja termasuk salah satu makanan tradisional yang masih menggunakan resep turun temurun serta cara pengolahannya yang tradisional.

Bahan dasar yang digunakan dari tepung beras yang dicampur dengan tepung terigu, aneka bumbu serta ditambahkan irisan daun jeruk untuk pembuatan saroja asin.

Kue saroja abnyak dihidangkan pada acara-acara tertntu seperti pernikahan maupun hidangan saat lebaran tiba. Kue saroja biasa dijual secara kiloan di pasar. Dan stok akan lebih banyak jika menjelang lebaran tiba.

6. Abon dan Dendeng Sapi

Makanan Khas Ciamis_Dendeng Sapi
Azamaviero[dot]com
Siapa yang tak tau olahan daging sapi ini, seperti dendeng dan abon. Ciamis sangat dikenal dengan makanan ini. Dendeng biasa diolah dalam berbagai sajian, seperti digoreng ataupun dimasak dengan bumbu balado.

Dendeng sendiri merupakan daging sapi yang diawetkan. Daging diiris tipis kemudian dibumbui dan dikeringkan. Dendeng dapat bertahan lama meskipun tidak disimpan didalam kulkas.

Dendeng dan abon merupakan pilihan lauk yang praktis, hanya dimakan dengan nasi hangat saja sudah nikmat dan pastinya akan nambah berkali kali. Jika tidak percaya, silahkan dicoba saja.

Di Ciamis, benyak dijual dendeng mentah dan abon. Dua makanan ini dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan oleh-oleh khas Ciamis. Dendeng yang terkenal adalah dendeng Rajawali Bu Iloh, silahkan dicoba.

7. Surabi Khas Ciamis

Makanan Khas Ciamis_surabi

Mendengar kata Surabi atau Serabi mungkin sudah tak asing di telinga karena memang salah satu kue tradisional khas Indonesia. Meski di setiap daerah mengenal surabi, tapi terdapat perbedaan cita rasa tentunya.

Begitu pula surabi khas Ciamis ini, kudapan yang banyak dijajakan pada pagi hari ini memiliki rasa khasnya, yakni varian rasa gurih. Meski tersedia juga surabi dengan cita rasa manis.

Surabi gurih ini diolah sama seperti surabi pada umumnya tapi yang membedakannya adalah penggunaan toping oncom diatasnya. Penasaran dengan rasanya kan?

Nah untuk yang varian manis sekarang tersedia banyak pilihan rasa toping, dari coklat hingga keju. Beginilah salah satu strategi yang digunakan agar makanan tradisional tetap diminati dan tidak punah.

Untuk harganya jangan ditanya, sangat terjangkau dengan rasa yang enak dan beraneka serta tentuya mengenyangkan. Pilihan yang tepat untuk dicoba bukan?

Nah sudah dijabarkan beberapa makanan khas Ciamis yang dapat kamu coba sat kamu berkunjung ataupun berwisata di Ciamis. Masukkan kedalam daftar tujuan wisata kulinermu ya. Selamat mencoba keberagaman makanan khas Indonesia.

Give a Comment